HAJI MABRUR

Pengertian haji

Kata haji berasal dari kata haija-yahijju-hijjun,kata hijjun maupun hajjun ini diartikan sebagai Ibadah haji,atau perjalanan yang disengaja.Secara syar ‘i haji berarti melakukan perjalanan  dengan disengaja ke tempat tempat suci dengan amalan amalan tertentu dilandasi niat beribadah kepada ALLAH SWT  lebih jelas lagi melaksanakan rukun islam yang ke lima. Motifasi bagi seorang yang berangkat ke jalan Allahmenuju tanah suci adalah memperoleh haji yang  mabrur atau makbul ( diterima).T idak ada PUNCAK kebahagiaan  seorang yang beribadah .melebihi dari haji mabrur. Haji mabrur,tida k ada balasannya  yang lain  kecuali SURGA.

Haji mabrur adalah ibadah yang ikhlas karena iman dan taqwa yang dipersembahkan kehadirat Allah semurni murninya,bersih dari unsur unsur duniawi..

Apakah seorang itu memperoleh haji mabrur atau tidak ini baru bisa dilihat ciri – ciri dan tanda- tandanya  setelah kembali ketanah airnya masing- masing.Apakah timbul perubahan dan peningkatan dalam kesadaran beribadahnya atau kesadaran keagamaannya atau tidak.

Haji mabrur dapat ditandai dengan  wujud sikap dan tingkah laku sehari-hari. Ibadah haji penuh dengan makna bagi perjalanan hidup manusia. Oleh karena itu haji mabrur  adalah haji yang mampu menghayati makna dan menerapkannya dalam hidup dan kehidupannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: