Penelitian Tindakan kelas

  • Penelitian tindakan kelas atau PTK
  • Penelitian tindakan merupakan intervensi praktik dunia nyata yang ditujukan untuk meningkatkan situasi praktis. Tentu penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya dan ia disebut ’penelitian tindakan kelas’ atau PTK
  • PTK merupakan bentuk penelitian yang bersifat reflektif (mengulas secara kritis) dengan melakukan tindakan tertentu untuk memperbaiki/meningkatkan praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional.
  • Penelitian tindakan kelas atau lebih ngetrend disebut classroom action research merupakan kajian sistematik tentang upaya meningkatkan mutu praktik pendidikan oleh sekelompok masyarakat melalui tindakan praktis yang mereka lakukan dan merefleksi hasil tindakannya (Hopkins 1993)
  • Penelitian tindakan adalah studi yang dilakukan untuk memperbaiki diri sendiri, pengalaman kerja sendiri, tetapi dilaksanakan secara sistematis, terencana, dan dengan sikap mawas diri (Kemmis dan Mc Tanggart 1988).
  • SIAPA YANG MELAKUKAN penelitian (PTK)
  • Guru secara inividual atau dengan kolaborasi
  • Kolaborasi atau kerja sama dalam melakukan penelitian tindakan dapat dilakukan dengan: mahasiswa; sejawat dalam jurusan/sekolah/lembaga yang sama; sejawat dari lembaga/sekolah lain; sejawat dengan wilayah keahlian yang berbeda (misalnya antara guru dan pendidik guru, antara guru dan peneliti; antara guru dan manajer); sejawat dalam disiplin ilmu yang berbeda (misalnya antara guru bahasa asing dan guru bahasa ibu); dan sejawat di negara lain (Wallace, 1998).
  • KENAPA GURU MELAKUKAN  PENELITIAN  (PTK)
  • Adanya Problematika  yang  hadapi dalam kegiatan pembelajaran di kelas .
  • Bagaimanag  untuk mengatasi problem tersebut?
  • Pernahkah Anda ”curhat” kepada teman sejawat mengenai problem pembelajaran di kelas?

TUJUAN  PTK Adalah:

  • Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, serta hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah,
  • membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas,
  • meningkatkan sikap  profesional pendidik dan tenaga kependidikan, dan

menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable

TAHAP-TAHAP PELAKSANAAN   DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

  • Sistem Berdaur (Cyclical) :

1. Membuat perencanaan

2. Melakukan tindakan

3. Melakukan observasi

4. Merefleksi

Dilakukan secara berulang-ulang (siklus) sampai masalah teratasi.

TRIM SELAMAT MENCOBA

One response to this post.

  1. SELAMAT MENCOBA

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: